Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Kriteria Rumah Sehat Idaman Menurut Pemerintah Indonesia

Kesehatan sangat penting yang harus dimiliki setiap orang, tidak hanya kesehatan jiwa dan fisik yang perlu dijaga kesehatannya, akan tetapi rumah tempat tinggal juga sangat penting untuk dijaga kebersihan dan kesehatannya. Merangkum di situs smartmoneydotcom baik rumah kecil maupun besar harus tetap memperhatikan syarat kesehatannya.

Dengan temnpat tinggal rumah yang sehat dan bersih memberi pengaruh kelancaran aktivitas yang tinggal dirumah. Tidak hanya rumah yang di jaga kesehatan dan kebersihannya secara tidak langsung lingkungan juga ikut terpengaruh membentuk masyarakat yang sehat. 

Berdasarkan rangkuman yang dibuat oleh kementrian pekerja umum dan persyaran Kesehatan perumahan berdasarkan Kepmenkes RI NO 829 Tahun 1999 yang di cantumkan dalam "Modul rumah Sehat". sebagai berikut dibawah ini 


LOKASI

Perlu diperhatikan syarat kesehatan lingkungan sangat penting sekali terkait dengan lokasi perumahan. lokasi sangat mempengaruhi rumha tinggal, jika terletak pada daerah bencana alam, seperti dekat dengan sungai, aliran lahar, gelombang tsunami dan longsor sangat tidak memungkinkan untuk tinggal.
Dan juga perlu di pstikan lokasinya bukan bekas dari tempat pertambangan, pembuangan sampah dan lainnya
BAHAN BANGUNAN
Saat dalam tahap pembangunan rumah harus bisa memilah bahan yang tidak terbuat dari bahan yang dapat mengeluarkan zat-zat yang bisa membahayakan kesehatan. Suhu ruangan yang peru diperhatikan agar tidak tumbuh dan berkembangnya mikro organisme patagon.
Syarat khususnya adalah : Debu total tidak lebih dari 150 ug/m3, asbes bebas tidak melebihi 0,5 fiber/m3/4 jam, dan timah hitam tidak melebihi 300 mg/kg.
VENTILASI
Sirkulasi udara yang paling baik mengikuti searah dengan arah angin. Dari luar ruangan bisa masuk ke dalam ruangan yang tentunya diupayakan udara yang bersih terhindar dari kontaminasi udara debu dan bau.
pembuatan lubang Ventilasi setidaknya minimal 1/9 luas lantai ruangan dan posisi juga harus bersilangan dari mulai pintu,jendela, atap atau lubang angin
SISTEM PEMBUANGAN SAMPAH
Pengelolahan sampah harus sesuai prinsip penangan dan pengurangan volume. So, Sampah rumah sudah terpilah dengan prinsip dau ulang 3R ( Reuse, Reduce, recycle ).

Tempat sampah yang disediakan di depan rumah hanya untuk menampung sampah rumah tangga sementara yang harus segera dibuang langsung ke TPS/TPA dan Sampah yang masih bisa digunakan dibawah oleh pemulung untuk diolah kembali.
DRAINASE
Saluran air hujan harus diperhatikan mulai dari saluran atap, talang yang mengalir lingkungan. gorong-gorong juga memneuhi aliran alir ketika aliran air mencapai intensitas tinggi
PENGHIJAUAN
Tanaman yang ada di lingkungan rumah sangat perlu sebagi pendukung oksigen sehat, selain sebagai pelindung, penyejuk dan menambah keasrian dari lingkungan rumah yang kita tinggali.
RUANG TIDUR
Ruang tidur juga harus diperhatikan sebagai syarat rumah sehat luas yang perlu diperhatikan minimal 8 meter tidak diajurkan  lebih daria 2 orang dalam satu ruang tidur kecuali bersam anak-anak dibawah 5 tahun.

Demikian informasi tekait rumah sehat idaman, semoga anda bisa menjadi referensi yang sedang mencari rumah sehat untuk keluarga anda.
Abdul Muis
Abdul Muis Adanya Blog ini untuk Belajar Menulis dan berbagi pengalaman

Post a Comment for "7 Kriteria Rumah Sehat Idaman Menurut Pemerintah Indonesia"

Berlangganan via Email