Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Hal Penting Sebelum Menjalai Progam Kehamilan Bagi Pengantin Baru


Impian pasangan suami istri dengan kehadiran buah hati yang sangat di nanti-nanti. Namun sebelum menjalani progam kehamilan, ada 3 hala yang perlu diperhatikan ya, Bun.

Bagi pengantin baru yang ingin segera punya momongan. Melansir dari haibunda.com dalam buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal, dr.Fredrico Patria, Sp.OG., memastikan, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan saat Ayah dan Bunda  ingin menjalani program kehamilan.

"Kehamilan adalah hadiah. Dan tugas ibu serta pasangan untuk menjaganya, tidak hanya ketika masih dalam perut, tapi sampai dia nanti dewasa," tulis Fredrico.


Dijelaskan dokter yang praktik di RS Permata Cibubur ini, yang terpenting pertimbangkan tiga hal berikut:

1. Apakah dari segi finansial sudah cukup untuk kebutuhan Bunda selama hamil? Termasuk untuk si jabang bayi nanti.

2. Apakah kondisi fisik Bunda dalam keadaan mampu untuk hamil dan melahirkan? Apakah tidak ada penyakit membahayakan yang mengancam kehamilan?

3. Apakah lingkungan tempat tinggal bayi kita nanti sudah cukup baik?

"Kehamilan adalah segalanya. Karena kondisi fisik dan mental bayi, bisa dibangun sejak dini, sejak dari kehamilan," tegas Fredrico.

Disarankan juga oleh profesor di departemen kebidanan dan ginekologi Fakultas Kedokteran University of Connecticut, John R. Sussman, M.D., calon orang tua harus menjadwalkan pemeriksaan pra-konsepsi ke dokter atau bidan. Ia menjelaskan, pemeriksaan tersebut bertujuan mengetahui riwayat kesehatan pasangan dan keluarga.

"Memahami sejarah ginekologis pasien dan pengalaman kehamilan masa lalu sangat penting dalam membantu merencanakan kehamilan sehat," papar Sussman, dilansir Parents.

Ia menambahkan, dokter atau bidan juga harus memeriksa apakah calon orang tua sudah diimunisasi, terutama cacar dan rubella. Kalau belum, Sussman menyarankan agar Ayah dan Bunda divaksinasi tiga bulan sebelum menjalani program kehamilan.

Itulah 3 hal yang perlu di perhatikan bagi ayah dan Bunda yang lagi menjalai progam kehamilan.