Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salah posisi tidur menyebabkan kaki bengkak, Benarkah?

Arpolmedia - Halodoc, Jakarta – Bisa dibilang, kaki adalah anggota tubuh yang paling bekerja keras ketimbang lainnya. Anggota tubuh yang satu ini menopang berat badan dan membantu untuk berjalan, berlari, melompat, berdiri, dan berjinjit. Dikutip dari Spinal Care, ada 26 tulang dan lebih dari 100 otot, tendon, dan ligamen di setiap kaki yang bekerja sama agar dapat beraktivitas dengan normal.

Ketika kaki mengalami masalah, tentunya kamu tidak bisa berjalan normal, sehingga aktivitas terganggu. Kaki bengkak adalah salah satu masalah yang mungkin beberapa orang hadapi. Lantas, benarkah kondisi ini bisa disebabkan oleh posisi tidur yang salah? Simak penjelasan berikut ini.

Benarkah Posisi Tidur Bisa Sebabkan Kaki Bengkak?

Posisi tidur yang salah jarang menyebabkan kaki bengkak. Kaki yang bengkak sering disebabkan oleh cedera, asupan garam yang tinggi, kehamilan, dan kondisi medis tertentu. Posisi tidur bisa menyebabkan kaki bengkak meskipun jarang sekali terjadi. Hal ini mungkin terjadi ketika kaki terselip di bawah selimut yang terlalu ketat sehingga jari-jari kaki dapat tertarik ke bawah. 

Ketika jari-jari kaki tertarik ke bawah, kaki dapat berada dalam posisi terlentur sepanjang malam. Hal ini dapat memperburuk masalah kaki dan tungkai bawah seperti plantar fasciitis, kram kaki dan kaki, dan masalah tendon Achilles.

Posisi Tidur Terbaik

Jika kamu tidak mau mengalami kaki bengkak atau masalah lain akibat posisi tidur yang salah, ketahui posisi tidur terbaik berikut ini yang dilansir dari Sleep Organization, yaitu:

  1. Tidur Telentang

Tidur telentang adalah posisi tidur yang paling baik dan menyehatkan. Tidur terlentang memungkinkan kepala, leher, dan tulang belakang beristirahat dalam posisi netral. Ini berarti bahwa tidak ada tekanan ekstra pada area-area tersebut, sehingga kamu cenderung tidak mengalami rasa sakit.

Tidur menghadap langit-langit juga ideal untuk menangkal refluks asam. Pastikan untuk menggunakan bantal yang cukup tinggi dan menopang kepala untuk mencegah makanan atau asam naik ke saluran pencernaan.

  1. Miring dengan Kaki Lurus

Tidur miring dengan kaki lurus juga membantu mengurangi refluks asam. Selain itu, kaki yang lurus membuat tulang belakang memanjang, sehingga dapat menangkal sakit punggung dan leher. Posisi yang satu ini juga membuat sistem pernapasan terbuka. Oleh karena itu, posisi ini menjadi  pilihan terbaik bagi pengidap sleep apnea

  1. Postur Janin

Tidur dengan postur seperti janin, yakni tidur miring dengan membungkuk dan lutut ditekuk menjadi posisi tidur paling favorit hampir semua orang. Posisi tidur yang satu ini baik untuk ibu hamil karena dapat meningkatkan sirkulasi di tubuh ibu dan janin dan mencegah rahim  menekan hati. Pose ini juga bagus untuk orang yang tidur mendengkur. Tetapi jika kamu tidur terlalu membungkuk dapat membatasi pernapasan diafragma. Jadi, pastikan kamu tidak terlalu membungkuk.


Referensi :
Spinal Care. Diakses pada 2020. Sleeping Away Your Pain. 
Sleep Organization. Diakses pada 2020. The Best Sleep Position for Your Body.
source: halodoc.com

Posting Komentar untuk "Salah posisi tidur menyebabkan kaki bengkak, Benarkah?"

Berlangganan via Email