Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Game Animal Crossing Bikin Nintendo Switch Laku Keras, pada Pandemi Corona 2020





Game Animal Crossing pada Maret 2020 berdampak positif terhadap penjualan Nintendo Switch. Berdasarkan rilis yang dilakukan oleh NDP Group, penjualan Nintendo Switch pada Maret 2020 lebih dari dua kali lipat dari waktu yang sama pada tahun lalu.
Dikutip dari keterangan tertulis iPrice, Rabu 13 Mei 2020, negara-negara di Asia Tenggara yang sedang menerapkan sistem lockdown demi mencegah luasnya penyebaran virus Covid-19 juga tidak lepas dari target market pemasar Nintendo.
Iprice Group merilis game konsol terpopuler yang digunakan oleh para gamers di Asia. Ada 1,5 juta pencarian yang dilakukan pada platform belanja online yang mencakup negara Malaysia, Singapura, Indonesia, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Hong Kong.
Hasil menunjukkan bahwa meskipun Nintendo Switch konsol game yang paling populer, memimpin di 5 dari 7 negara. Namun, game konsol ini kalah ketika melawan kompetitor utama mereka di Vietnam dan Indnesia, yaitu PlayStationn 4.
Di Indonesia, negara terpadat ke-4 di dunia, minat untuk Switch hanya berkisar 61 persen dari minat untuk PS 4. Data mengejutkan lainnya, konsol ke-3 yang paling dicari di Indonesia adalah PlayStation 3 yang sudah berusia 13 tahun, menjadikan Indonesia sebagai rumah bagi PlayStation.
Semetara di Vietnam, hal serupa juga terjadi karena minat untuk Switch jauh di bawah minat untuk PS4. Urutan ke-3 diduduki oleh Microsoft Xbox One. PlayStation 4 berada di urutan kedua dibawah Switch di negara Malaysia, Singapura, Filipina, dan Hong Kong. Berpindah ke tren di Thailand, Xbox One berhasil beringsut di depan PS4 untuk berada di posisi ke-2.
Diminati di Asia
Secara keseluruhan, Nintendo Switch masih merupakan konsol game yang paling diminati di Asia, hal ini erat kaitannya dengan adanya aturan social distancing yang diterapkan di negara tersebut menjadikan banyak orang yang beralih ke permainan.
Dari pertengahan Maret hingga pertengahan April, minat untuk Nintendo Switch pada platform belanja online di wilayah ini melonjak 245 persen. Sebagai perbandingan, minat untuk PS4 hanya meningkat sebesar 135 persen.
Total permintaan untuk Switch sekarang 1,6 kali lebih tinggi dari itu untuk PS4. Hasil riset iprice juga melihat dalam waktu yang sama, pencarian untuk semua konsol game di 7 negara meningkat 115 persen secara keseluruhan dibandingkan periode sebelumnya. Vietnam memimpin dengan peningkatan 432 persen, diikuti Singapura sebesar 241 persen dan Thailand sebesar 208 persen.
source : dream.co.id