Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

30 Kata-Kata Bijak Aa Gym, Bikin Adem dan Penuh Hikmah

Foto: Dok.iNews.id
"Jagalah Hati Jangan Kau Kotori, Jagalah Hati lentera hidup ini" kutipan lagu karya Aa Gym yang sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia

Dream - Kata-kata bijak Aa Gym selalu membuat yang mendengarnya merasa adem dan menjadi bahan perenungan. Kiai bernama asli Abdullah Gymnastiar atau itu merupakan salah satu dai yang aktif berdakwah di Indonesia.

Nama Aa Gym mulai dikenal karena gaya dakwahnya yang unik dengan pesan-pesan dakwah Islami yang praktis dan umum diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Aa Gym sering menyampaikan pesan mengenai pengendalian diri, hati nurani, toleransi dan keteguhan iman.

Aa Gym pun mendirikan Pondok Pesantren Darut Tauhid di daerah Bandung, Jawa Barat. Pondok tersebut kerap kali dihadiri jamaah yang sebagian besar adalah ibu-ibu rumah tangga.

Kata-kata bijak Aa Gym juga menjadi salah satu pengingat terhadap kedekatan pada Allah. Cara penyampaian dakwah yang terkesan ringan namun mendalam membuat namanya semakin dikenal di Indonesia. Berikut adalah beberapa kumpulan kata-kata bijak Aa Gym yang menginspirasi dan bikin hati adem. Yuk disimak.

Aa Gym menjadi populer juga karena bahasan dakwahnya yang berbeda dari kebanyakan ulama di Indonesia. Aa Gym biasa mengisi materi ringan atau tentang keluarga sakinah, dengan menggunakan bahasa sehari-hari yang ringan dan menyenangkan. Berikut beberapa kata-kata bijak Aa Gym:

1. Keuntungan itu tidak selalu berwujud materi, boleh jadi terhalangnya dari materi adalah keuntungan bagi kita untuk mendapatkan ilmu dan hikmah yang lebih berharga.

2. Semoga kita termasuk kedalam orang-orang yang masih memiliki kepekaan karena andaikata kita kehilangan kepekaan yang akan kita hadapi adalah kesulitan-kesulitan.

3. Seni yang paling baik dalam bersilaturahmi adalah banyak-banyak untuk mengingat dan mengakui kekurangan dan kesalahan sendiri.

4. Seorang ahli ikhlas akan menyembunyikan amal-amalnya dari pandangan manusia sebagaimana dia menyembunyikan keburukan-keburukannya.

5. Seringkali terasa berat untuk membalas keburukan dengan kebaikan, jika mampu melakukannya berarti kita memiliki keikhlasan yang hakiki.

6. Seseorang tidak mendapatkan dari apa yang dia harapkan, tetapi akan mendapatkan dari apa yang dia kerjakan.

7. Yang paling mulia diantara manusia adalah orang yang paling banyakmengingat mati dan paling siap menghadapinya dengan bekal amal shalih.

8. Hal terpenting dalam hidup adalah perubahan diri menjadi lebih baik. Doa yang baik adalah doa yang menjadikan seseorang lebih baik dalam hidupnya

9.Semakin ingin menunjukan diri kita agar diakui, dihormati, maka semakin tertekan, tegang dan melelahkan bathin, dan biasanya makin tak disukai.

10. Semakin sedikit dosa dan aib yang ada, semakin ringan dan merdeka hidup ini. Tak takut ada yang terbongkar. Maka jagalah diri senantiasa.

11. Salah satu sebab kita tidak bahagia dalam hidup adalah karena ketidaksiapan menghadapi kenyataan, padahal ketetapan Allah pasti baik.

12.Sesungguhnya malang bagi mereka yang tidak mampu menjaga lidah bagaikan, pisau yang akan menyayat siapapun yang tidak pandai menggunakannya.

13. Memohon maaf atas kesalahan yang dilakukan adalah awal dari sebuah perbaikan diri. Maka sempurnakan hal itu dengan doa dan amal kebajikan lainnya.

14. Merupakan sifat manusia jika diberi pujian atas keberhasilannya maka dia akan merasa senang, wajarkah? sebenarnya, yang layak mendapat pujian hanyalah Allah.

15.Semakin banyak keinginan, semakin diperbudak. Inginlah selalu taat kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupi segala kebutuhan kita.

16. Berlaku adillah terhadap siapapun, termasuk musuh, karena Allah telah mengharamkan kezhaliman secara mutlak.

17. Adakah diantara kita yang merasa mencapai sukses hidup karena telah berhasil meraih segalanya: harta, gelar, pangkat, jabatan, dan kedudukan yang telah menggenggam seluruh isi dunia ini? Marilah kita kaji ulang, seberapa besar sebenarnya nilai dari apa-apa yang telah kita raih selama ini.

18.Rontoknya iman terjadi pelan-pelan, terkikis sedikit demi sedikit sampai akhirnya tanpa terasa habis tandas tanpa sisa. Untuk itu waspadalah!

19. Beruntunglah bagi orang yang dititipi potensi kelebihan dan dikaruniakan kesanggupan oleh Allah untuk memanfaatkannya bagi kebaikan masyarakat.

20. Tidak pernah ada rizki yang termahal kecuali menebalnya iman. Dan menebalnya iman itu adalah dibukakannya kegemaran akan ilmu.

21. Hati-hatilah dengan segala kelebihan yang kita miliki, karena seringkali itulah yang menyebabkan tergelincirnya kita kedalam kemaksiatan yang menyesatkan.

22. Hidup menjadi indah ketika kenyataan sesuai harapan, tapi tidak selamanya akan demikian. Karena itu siap sedialah dengan apapun kenyataan.

23. Orang yang masih menyimpan rasa takut atau berharap kepada selain Allah, pastilah hidupnya jauh dari ketenangan. Semoga Allah menjadikan kita termasuk orang-orang yang tawakkal kepadaNya.

24. Melawan kemarahan dengan kemarahan lebih banyak menimbulkan masalah baru. Ketenangan, kejernihan dan sikap yang terkendali, insya Allah akan lebih menjadi solusi.

25. Jagalah hati dari bersemainya bibit kesombongan dan kedengkian, sebab jika bibit-bibit seperti itu tumbuh maka lambat laun hati kita akan mati.

26. Jangan jadikan keyakinan terhadap Allah sebagai tempat menyembunyikan diri kita dari kemalasan dan kegigihan berikhtiar.

27. Sebaik-baiknya nasehat untuk manusia adalah kitab Allah. Jika manusia telah mengabaikannya hendak kemana mereka mencari petunjuk?.

28. Tugas pemimpin rumah tangga selain mengendalikan, juga mengatur, menentukan arah, dan mengawasi sistem untuk mencapai tujuan.

29. Kesusahan dan kemudahan yang menjauhkan kita dari Allah adalah musibah bagi kita, dan segala sesuatu yang bisa mendekatkan kita kepada Allah adalah nikmat.

30. Bersihkan hati selalu. Janganlah terkecoh oleh pujian, andai kita mau jujur, pujian yang datang, tidak pernah ada yang sesuai dengan kenyataan yang sesungguhnya.

Dakwah Aa Gym yeng sering membahas topik keluarga membuat para ibu-ibu menjadi salah satu penggemar Aa Gym. Ia pun didaulat sebagai ustadz keluarga bahagia.

sumber :dream.co.id

Posting Komentar untuk "30 Kata-Kata Bijak Aa Gym, Bikin Adem dan Penuh Hikmah"

Berlangganan via Email