Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Search Engine Marketing (SEM)


Search Engine Marketing (SEM)  merupakan  cara pemasaran yang paling bagus untuk menghasilkan web traffic melimpah. Jika Anda menjalankan strateginya dengan tepat, Anda bisa memperoleh posisi yang kuat di semua mesin telusur yang ada di dunia, terutama pada Google. Web traffic melimpah pasti menghasilkan lebih banyak potensi transaksi dan pelanggan baru.

Tapi, apa sebenarnya SEM? Apa bedanya dengan SEO dan bagaimana implikasinya bagi pengembangan bisnis Anda? melansir dari dewaweb.com, Mari simak lebih lanjut!

Pengertian SEM
SEM adalah pemasaran di internet. SEM merupakan singkatan dari istilah Search Engine Marketing. Cara yang dilakukan dalam pemasarannya berupa kegiatan mempromosikan website dengan cara meningkatkan visibilitasnya di mesin telusur.

SEM ini sebenarnya mencakup taktik SEO. Kami sudah pernah membahas perbedaan SEM dan SEO di artikel sebelumnya:


Jadi, ada banyak strategi pemasaran di era digital, salah satunya SEM. Jika Anda membaca artikel “Perbedaan SEM dan SEO” tersebut, Anda akan lebih memahami bagaimana pembagian kategorinya dan bagaimana semua teknik itu harus dijalankan bersamaan agar berdampak positif bagi bisnis Anda. Tapi, kali ini kami akan lebih detil membahas soal pentingnya SEM.

Pentingnya SEM bagi Kesuksesan Bisnis
Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda raih bila Anda menerapkan strategi SEM!

SEM Bisa Meningkatkan Konversi
Konversi sederhananya berarti bagaimana usaha Anda menjaring khalayak bisa menghasilkan transaksi atau hal lainnya yang menguntungkan. Uang memanglah tujuan yang sudah jelas ingin didapatkan dari kampanye marketing Anda, namun sebaiknya Anda tak mengabaikan jenis konversi yang lainnya.

Anda bisa memecah target Anda menjadi beberapa hal yang tak kalah berharga seperti pelanggan baru, subscriber baru, atau juga peserta dari kontes/kompetisi yang Anda adakan dalam kampanye. Itu semua adalah alternatif konversi yang juga penting.

SEM itu sendiri merupakan penggerak konversi yang bagus buat semua jenis kampanye yang ingin Anda jalankan. Mengapa demikian? Itu karena iklan yang berbayar biasanya ditautkan (link) ke landing page dengan tujuan konversi yang memang sudah jelas semacam penjualan tiket acara. Dengan begitu, ada suatu proses mulai dari iklan berbayar (ads) hingga pengguna internet klik dan sampailah ke sebuah halaman website yang menyediakan sarana transaksi. Jadi, Anda juga bisa menyadari bahwa ads yang dipasang biasanya lebih cocok untuk tujuan konversi akhir.

SEM Bisa Meningkatkan Brand Awareness
Walaupun SEM ini sering dianggap sebagai bagian saluran pemasaran yang paling bawah, SEM sebenarnya efektif buat meningkatkan brand awareness dari bisnis Anda. Google pernah mendukung pernyataan tersebut. Google menyatakan kalau iklan di mesin telusur/pencarian bisa meningkatkan brand awareness bahkan hingga 80%.

Walaupun iklan yang muncul di halaman pencarian tidak bisa diklik, brand Anda tetap saja bisa terlihat dengan jelas da dapat disadari oleh pengguna internet. Orang-orang yang mencari kata kunci tertentu terkait produk maupun jasa, misalnya. Mereka tentunya tetap tak bisa menghindari tampilan iklan yang dtayangkan.

Jika mereka mengetik nama brand kompetitor bisnis Anda, mesin telusur tetap dapat mengetahuinya dengan baik dan memutuskan untuk menampilkan brand Anda sebagai iklan. Orang-orang pasti juga melihatnya dan tertarik untuk mencoba meninjau profil brand Anda.

SEM Bisa dilakukan dengan Budget Terbatas

Anda mungkin ragu untuk bikin ads karena terbentur masalah biaya. Perusahaan-perusahaan baik itu kecil maupun besar mungkin masih belum banyak yang menyadari bahwa biaya dari penerapan SEM sebenarnya tidak sebesar manfaatnya.

Padahal, kalau dipikir-pikir iklan yang satu ini fleksibel sekali bila dibandingkan dengan iklan-iklan berbayar jenis tradisional semacam baligo dan iklan di tayangan bioskop misalnya. Tidak ada jumlah minimum berapa banyak iklan yang harus dijalankan. Dengan setidaknya sekitar 60 ribu Rupiah, Anda sudah bisa meraih potensi keuntungan yang banyak secara sekaligus. Tapi perlu diingat, ini hanya bisa terjadi kalau Anda mengelola semua ads Anda, menjalankannya dengan tepat.

Jadi, internet benar-benar membawa kesempatan yang adil dan terbuka bagi semua kalangan pebisnis baik dari yang berskala kecil hingga besar. Semua bisa memperoleh potensi keuntungan yang sama.


SEM Bisa Menyasar Target yang Lebih Lokal
SEM merupakan alat yang sangat penting untuk mendorong lebih banyak kunjungan orang-orang di website Anda. Tak hanya itu, seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, tentunya juga Anda bisa dapat lebih banyak konversi walau budgetnya terbatas. Nah, jika Anda membaca artikel yang pernah kami buat sebelumnya soal kebiasaan pengguna mesin telusur, Anda akan mengerti pentingnya penargetan lokal supaya bisa hasilkan web traffic dan konversi efektif.

Misal, ketika orang mengetikkan kata kunci “Tempat Cuci Mobil Terdekat”, akan dimunculkan pula hasilnya berupa beberapa website atau arahan ke tempat cuci mobil di sekitar lokasi pengguna. Lalu, bagaimana sih caranya membuat pemasaran Anda lebih lokal dan efektif?


SEM Bisa Menghasilkan Traffic Secara Konsisten dan Tepat Sasaran
Lagi-lagi, setiap bisnis pasti ingin adanya banyak web traffic, tak hanya banyak tetapi juga yang konsisten untuk mempertahankan visibilitas dan penjualan. Tak hanya itu, tujuan konsistensi traffic ini juga agar Anda bisa merencanakan, memperkirakan, dan menganggarkan kampanye Anda. Sayangnya, lonjakan dan penurunan traffic memang kerap terjadi dan kadang-kadang memang kurang bisa dijelaskan kenapa bisa terjadi.

Nah, untuk mengurangi beberapa kekacauan yang menyebalkan semacam itu, iklan di mesin telusur bisa dimanfaatkan buat menciptakan traffic yang konsisten khusus bagi kata kunci tertentu. Bahkan ads ini bisa juga membantu Anda mengontrol jumlah lalu lintas yang datang ke website Anda dalam waktu tertentu.

Google pernah menyatakan bahwa ads atau SEM ini bisa lebih stabil dibandingkan teknik digital marketing sejenis yang lainnya. SEO pastinya berfluktuasi karena perubahan algoritma terus-menerus dilakukan oleh mesin telusur raksasa semacam Google. Dengan pasang ads, kita bisa hindari fluktuasi/ketidakpastian semacam itu.

Namun ya jelas, ini bukan cuma soal menghasilkan traffic melimpah. Salah satu manfaat terbesar dari iklan pencarian/ads adalah kemampuannya dalam mendatangkan traffic yang tepat sasaran. Anda memang tidak bisa selalu mengontrol siapa yang melihat hasil penelusuran organik Anda.

Namun dengan adanya SEM, Anda bisa membuat audiens khusus yang jauh lebih mungkin berpotensi melihat dan terlibat langsung dengan iklan yang telah Anda pasang. Iklan pencarian PPC juga sanggup menargetkan demografi tertentu serta pengunjung di bagian yang manapun pada corong penjualan. Ini berarti bahwa traffic yang Anda terima dari iklan berbayar lebih bisa memenuhi syarat dibandingkan traffic yang dihasilkan dari SEO organik.

Itulah implikasi SEM bagi bisnis Anda. Analisis SEM juga tak kalah penting disamping penerapannya. Kini sudah ada banyak sekali SEM tool yang bagus dan bisa Anda coba untuk membantu strategi digital marketing Anda, salah satunya adalah SEMRush.
Abdul Muis
Abdul Muis Adanya Blog ini untuk Belajar Menulis dan berbagi pengalaman

Post a Comment for " Pentingnya Search Engine Marketing (SEM)"

Berlangganan via Email