3 Browser Terbaik dan Tercepat yang Bisa Anda Coba di 2020


Browser ialah sofware perangkat lunak yangdigunakan untuk membuka halamn suatu website atau blog. Tidak sedikit sekarang ini macam browser yang bermunculan dengan fitur dan kelebihannya masing masing. 

Penulis lebih suka dengan browser dari mbah google yaitu chrome, melansir dari niagahosting 3 browser terbaik dan tercepat berdasarkan arpolmedia. Yuk!, simak langsung ulasan lengkapnya berikut ini.  




1. Google Chrome

Google Chrome dinobatkan sebagai browser yang terbaik saat ini. Walaupun pada awal rilisnya di tahun 2008, aplikasi ini mengalami kesulitan untuk menyaingi para kompetitornya yang lebih dulu unggul seperti Internet Explorer, Firefox dan browser Safari. Lalu di tahun 2018, Google pun merombak total browser Chrome dengan meluncurkan pembaruan keamanan secara berkala. 
Hingga di awal tahun 2019, Google Chrome berhasil memperoleh pengguna sebesar 65% dari pangsa pasar browser desktop global menurut Statcounter.

Keunggulan Google Chrome:

  • Kecepatan tinggi 
Munculnya aneka macam website terkini terkadang ada saja yang membuat kinerja browser menjadi lambat. Namun, kondisi ini tak berpengaruh pada Chrome. Justru pada halaman website yang kompleks sekali pun, Chrome tetap bisa berproses dengan sangat tajam dan responsif. 
Hal ini bisa terjadi berkat mesin JavaScript V8 yang digunakan oleh Chrome. Mesin ini diklaim sebagai versi JavaScript tercepat dibanding versi mana pun.
  • Desain yang elegan 
Di tahun 2018, Chrome mengubah tampilannya dengan konsep material design dari Google. Perubahan ini membuat Chrome tampak minimalis dan elegan.
  • Penggunaan aman & nyaman 
Google selalu berupaya untuk memperbaharui fitur keamanan pada Chrome. Bermodalkan teknologi tinggi, kini Chrome dapat melakukan blokir otomatis pada situs berbahaya, menghapus segala jenis malware, dan secara otomatis menampilkan ikon pad kunci untuk memberi tahu bila situs tersebut aman untuk diakses.
  • Extensions yang melimpah


Google Chrome memfasilitasi penggunanya dengan ragam jenis aplikasi maupun exstensions. Mulai dari games, mesin pencari, tool productivity, shopping, extensions khusus developer, dan masih banyak lagi. Masing-masing extensions pun selalu didukung dengan tambahan update yang bisa diunduh dengan mudah.
  • Terhubung langsung dengan Search Engine Google
Browser Chrome sangat pas buat Anda yang menggunakan Search Engine Google. Karena, browser ini sudah secara default terhubung dengan situs pencari Google. Anda hanya perlu menuliskan kata kunci pada address bar. Kemudian, secara otomatis Chrome akan menampilkan ragam situs berdasarkan kata kunci Anda.

Kekurangan Google Chrome

  • Bugs yang sering mengganggu
Selayaknya browser lain, Google Chrome juga seringkali terserang oleh bugs dan error yang kemudian mengganggu pengguna saat berselancar di internet. Namun, kondisi tersebut cukup ditoleransi berhubung tim developer Google selalu berusaha mengatasi hal ini.
  • Penggunaan RAM yang boros
Walaupun banyak yang mengagumi kecepatan akses pada Chrome, sayang aplikasi ini terkenal boros RAM. Sehingga ketika mencapai batas tertentu PC, pengaksesan internet bisa menjadi sangat lemot bahkan terburuknya akan terjadi hang atau freeze.

2. Mozilla Firefox


Opsi browser terbaik berikutnya adalah Mozilla Firefox. Browser ini dirancang oleh Mozilla Foundation yang mulanya diberi nama Phoenix pada tahun 2002. Lalu, setelah berjalannya waktu, nama Phoenix pun berganti menjadi Mozilla Firefox. 


Sejak awal perilisannya, banyak pengguna yang sangat antusias untuk menggunakan browser buatan Amerika ini. Bahkan, di tahun 2008 Mozilla Firefox berhasil meraup sebagian besar pengguna Internet Explorer dengan jumlah lebih dari 500 juta kali unduh

Di tahun 2017, Mozilla Firefox pun merilis sebuah versi dengan nama Mozilla Firefox Quantum yang dibekali fitur lebih cepat. Namun di tahun 2019, Firefox kembali mengubah versi mereka dengan sebutan Firefox Browser.    

Keunggulan Mozilla Firefox


  • Jaminan keamanan
Mozilla Firefox dibekali dengan sistem keamanan tingkat lanjut yang mampu menghadapi segala bentuk ancaman seperti spyware yang kerap terunduh secara otomatis, malware, maupun beberapa virus tertentu. 
  • Bebas iklan
Dengan Mozilla Firefox, Anda bisa memanfaatkan fitur Mode Turbo untuk menangkal berbagai iklan atau pop-up banner yang mengganggu. Sehingga, kegiatan Anda menjelajah internet dapat berjalan dengan nyaman.
  • Fitur Reader View



Bagi Anda yang gemar membaca, Mozilla Firefox menawarkan fitur berupa Reader View. Lewat fitur ini,  Firefox akan menampilkan halaman berupa tulisan saja. Fitur ini juga dilengkapi dengan pilihan warna background dengan tema Sephia dan Dark agar Anda merasa lebih nyaman saat membaca.
  • Tab History





Pada Mozilla Firefox, Anda tak perlu repot-repot untuk membuka tab baru untuk membuka halaman history. Cukup dengan melihat pada pop up tab kecil yang terdapat di sebelah kiri layar PC Anda.
  • Berbagai jenis Add Ons
Persis dengan Chrome, para pengguna Mozilla Firefox juga akan disuguhi dengan aneka macam ekstensi untuk mendukung kebutuhan Anda. Tentunya hal ini mempermudah dalam hal seperti sinkronisasi kata sandi, pengelolaan bookmark, dan berbagai pengaturan menu secara kustom.

Kekurangan Mozilla Firefox

  • Menghabiskan banyak memori PC
Inilah yang menjadi kelemahan utama dari Mozilla Firefox. Firefox dikenal sebagai browser yang menghabiskan banyak memori pada komputer, sehingga aplikasi ini kurang bisa digunakan pada komputer dengan spesifikasi rendah. Kondisi ini seringkali ditandai dengan pemutaran video online yang menjadi lambat, tab yang freezealias tidak bisa dibuka, dan sebagainya.
  • Pengunduhan yang tidak berlanjut otomatis
Kelemahan berikutnya adalah ketika Anda sedang mengunduh suatu file sembari menjelajahi berbagai situs. Hal ini terkadang membuat proses pengunduhan menjadi tersendat. Bahkan, bisa saja benar-benar berhenti. Kondisi ini tentu menjadi sangat tidak efektif, karena Anda harus mengunduh file kembali dari awal.

3. Opera






browser terbaik dan tercepat
Dari sekian aplikasi browser terbaik dan tercepat yang ada saat ini, Opera masih termasuk salah satunya. Walaupun Opera tidak mendominasi pangsa pasar browser secara global (seperti Chrome dan Mozilla Firefox), tetapi Opera masih menjadi browser yang recommended untuk segala sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac OS X hingga browser untuk smartphone.

Keunggulan Opera

  • VPN gratis
Kadang kala ketika Anda sedang menggunakan fasilitas Wifi umum, penggunaan VPN cukup perlu. Karena dengan VPN, segala data yang Anda akses tidak akan mudah diretas oleh hacker. Opera, menjadi salah satu browser yang menawarkan fasilitas VPN secara gratis tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan.
  • Fitur keamanan yang lengkap
Tidak kalah dengan browser terbaik lainnya yang memiliki jaminan keamanan mumpuni, Opera juga dilengkapi dengan fitur yang mampu memperingatkan penggunanya bila terdapat sebuah virus atau malware pada situs yang dikunjungi. 
Fitur ini sudah aktif secara default, sehingga ketika Opera menemukan situs yang berbahaya, secara otomatis peringatan tersebut akan muncul pada halaman yang ditampilkan. Sisanya, pengguna sendiri yang akan menentukan apakah akan tetap mengunjungi halaman tersebut atau sebaliknya. 
  • Pemblokiran iklan pop up banners dengan mudah
Tidak jauh berbeda dengan fitur yang dimiliki Mozilla Firefox, Anda bisa bebas melakukan pemblokiran iklan atau pop up banners yang sekiranya mengganggu pada browser Opera. Caranya cukup dengan mengaktifkan mode Block Ads yang terdapat pada halaman pengaturan browser Opera.
Selayaknya browser unggul lain, Opera juga menyediakan banyak sekali jenis Add Ons yang bisa memberikan pengalaman berinternet Anda semakin mudah dan menyenangkan. Anda juga bisa mengaktifkan berbagai macam Add Ons Search Engine seperti Google, Bing, DuckDuckGo secara default.

Kekurangan Opera

  • Tidak memiliki bar loading
Banyak pengguna yang mengeluhkan nihilnya bar loading pada tampilan Opera. Ini menjadikan mereka sulit untuk mengetahui progress loading pada situs yang sedang dikunjungi.
  • Pencarian Add Ons yang tidak user friendly
Di samping itu, banyak pula pengguna yang berkomentar bila mereka sulit untuk mencari Add Ons yang dibutuhkan. Tampilan halaman yang sedikit tidak terstruktur menjadikan pencarian Add Ons Opera sedikit tidak ramah bagi pengguna.

Tidak ada komentar untuk "3 Browser Terbaik dan Tercepat yang Bisa Anda Coba di 2020"

Berlangganan via Email