Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahun 2020 Segera Tiba! Begini 20 Cara untuk Makin Makmur



Arpolmedia.com - Mau lebih tajir di tahun 2020? Bisa kok, jadikan saja keinginan lebih tajir di tahun 2020 sebagai cita-cita atau resolusi tahun barumu. Dengan catatan, kamu juga harus disiplin dan konsisten!

Gak susah sih mewujudkan resolusi ini. Tapi, tentunya gak sedikit juga yang bilang susah. Susahnya ya karena kesalahan kita sendiri

So, buat kamu yang ingin lebih mapan tahun depan, 20 cara di bawah ini tentu bisa kamu lakukan demi mewujudkan impianmu.

1. Mulai budgeting untuk mengatur pengeluaran

Sampai kapanpun juga, budgeting merupakan hal yang mesti dilakukan untuk mengontrol pengeluaranmu. Terlepas dari tahun 2020, 2021, atau tahun-tahun selanjutnya. Mau sampai kapan gak punya catatan keuangan?

2. Hitung aset

Cari tahu seberapa besar aset milikmu. Aset itu bukan jumlah duit di rekening saja ya, melainkan juga ada kendaraan, investasi, valuasi rumah dan lainnya. Usahakan tiap tahunnya selalu bertambah, walaupun gak besar.

3. Jangan tambah utang, kecuali…

Untuk di tahun 2020, ada baiknya kalkulasikan utang-utangmu. Usahakan ke depannya, gak ada yang lebih dari 30 persen dari penghasilan ya!
Berutang sebenarnya gak salah, asalkan sesuai kebutuhan. Gak usah menambah utang-utang untuk membeli barang gak penting deh, tapi kalau mau beli aset ya silakan!

4.Buat yang punya kartu kredit, jangan pernah bayar minimum payment lagi

Fitur minimum payment mungkin sangat menggoda, lantaran jumlah yang kamu bayarkan memang gak besar.
Tapi, jangan salah, sisa utang di tagihan itu bakal ditagihkan bulan depan dengan bunga lho!

5. Punya reksadana pasar uang

Sebagai pilihan instrumen dengan tingkat risiko kecil, reksadana pasar uang tentunya pas untuk kamu beli. Mengapa? Karena returns-nya lebih besar dari deposito, dan bisa dimulai dengan modal yang kecil.

6. Punya saham blue chip

Meski sifatnya tinggi risiko, cuan yang didapat dari saham blue chip itu luar biasa menggiurkan. Setahun bisa saja mencapai 20 persen!

Udah gitu, dengan memiliki saham, kamu juga bakal dapat dividen yang dibagikan sekali atau dua kali dalam setahun.

7. Setop main saham gorengan

Buat yang sudah punya saham, hindarin deh transaksi saham gorengan di tahun 2020 nanti.
Pasalnya, kita gak akan tahu kapan valuasi saham ini naik turun, pergerakannya juga cenderung liar. Jangankan untung, tindakan ini justru bisa bikin buntung.

8. Lirik investasi P2P lending

Menjadi pendana P2P lending tentu bisa jadi alternatif investasi jangka pendek yang menguntungkan. Pasalnya, perhitungan returnsnya bisa sampai 24 persen pertahun lho.
Tapi, hati-hati ya, pilih yang sudah diawasi OJK dan yang pendanaannya masuk ke sektor produktif (bisnis).

9. Punya asuransi jiwa

Asuransi kesehatan biasanya diberikan kantor atau BPJS bukan? Tapi sudahkah kamu memiliki asuransi jiwa? Asuransi ini sangat penting lho, karena akan memberikan uang santunan bagi keluarga yang kamu tinggal nanti.

10. Jadwalkan satu bulan khusus untuk gak belanja, traveling, atau buang-buang duit

Sayangnya, kamu gak akan punya satu bulan di mana kamu bebas bayar tagihan. Tapi, kamu masih berkesempatan untuk menikmati satu bulan tanpa hedon alias belanja, jalan-jalan, atau menghambur-hamburkan uang. 

Coba deh, satu bulan saja kok. Dijamin arus pengeluaranmu jadi lebih sehat.

11. Fokus ke salah satu kebutuhan pokok yang belum dipenuhi

Sandang, pangan, papan. Kira-kira dari tiga ini apa yang belum terpenuhi? Jika memang itu adalah papan, fokuslah untuk memilikinya di tahun 2020.

Kalau belum ada duitnya ya nabung serta barengi dengan investasi, jangan dihambur-hamburkan ya!

12. Cari pekerjaan yang lebih baik

Bisa jadi tahun depan adalah masanya kamu mencari pekerjaan yang lebih baik demi perkembangan kariermu di masa depan.

Hal ini tentu bisa jadi solusi bagi mereka yang kurang bisa melihat adanya harapan karier cerah di perusahaan tempat mereka bekerja sekarang.

13. Coba cari kerja sampingan

Penghasilan tambahan tentunya bisa didapat lewat kerja sampingan. Coba deh mencarinya di situs-situs freelance, barangkali ada yang sesuai dengan minatmu.

14. Pikir-pikir lagi untuk perpanjang asuransi kendaraan

Asuransi yang satu ini bisa dibilang penting gak penting. Kalau memang lebih sering naik kendaraan umum, mending gak usah diasuransikan karena risiko-risiko yang muncul juga besar.
Tapi, kalau sering, coba deh pikir-pikir lagi untuk lanjut.  Asuransi kendaraan itu juga pengeluaran lho!

15. Bawa bekal ke tempat kerja

Bukan rahasia lagi, masak sendiri tentu lebih hemat ketimbang beli makanan jadi di warteg atau tempat makan lain. Gak ada salahnya kan bawa bekal ke tempat kerja.

16. Buat yang boros, buka rekening autodebit

Nabung dengan metode autodebit tampaknya baik untuk memaksa si boros menyelamatkan uangnya.
Ketimbang dipakai buat yang enggak-enggak, mending ditabung jadi dana darurat.

17. Buat yang punya bisnis, evaluasi ulang biaya operasional

Biaya operasional dalam bisnis tentunya menjadi satu hal yang harus diperhatikan. Karena jika semakin besar, cuanmu juga makin menipis bukan? Coba deh memotong pengeluaran-pengeluaran yang gak penting di usahamu.

18. Mulai pikirkan apa yang jadi prioritas

Kira-kira apa sih yang ingin kamu capai di tahun depan? Buatlah daftar prioiritas-prioritas itu, dan mulailah menabung untuk merealisasikannya.

19. Traveling, jangan kurang piknik

Jalan-jalanlah selagi ada waktu dan duit. Santai sejenak itu gak salah ketimbang setiap hari stres mikirin kerjaan atau usaha.

Percaya deh kerjaan itu gak ada habisnya, sementara itu tiket pesawat murah itu gak selalu ada.

20. Badanmu harus lebih sehat

Tanpa badan sehat, mustahil bisa cari rezeki dengan tenang. Olahraga untuk jaga kebugaran fisik itu hukumnya wajib, jangan kebanyakan makan gak sehat ya! 
Sumber :moneysmart.id

Post a Comment for "Tahun 2020 Segera Tiba! Begini 20 Cara untuk Makin Makmur"

Berlangganan via Email