Pengertian Blog?

Di era dunia digitalisasi tidak sedikit orang yang terjun ke dunia maya dan penulisan online. banyak dari para pemula seperti penulis juga bermunculan yang menggunakan media online untuk kepentingan komersil ataupun hanya sekedar hobby.
oleh karena itu pada kali ini penulis mencoba mengulas Pengertian Blog dan sejarahnya yang berkemabng sampai dengan saat ini.

Pengertian Blog
Blog ialah sebuah website yang dikelola dan diberisi konten personal dalam bentuk tulisan pribadi, foto, video, opini, pengalaman pribadi dan link ke website lain.
yang kontennya memiliki urutan mulai dari konten terbaru ke kontain yang lama seiring dengan updating tulisan.

Struktur Pada Blog
Pada saat ini tampilan yang berada sangat beragam mengutip dari niagahoster.co.id mulai dari Blog yang memiliki beberap sidebar hingga Blog yang hanya meilik satu kolom.
pada dasarnya blog memiliki tampilan standar sebagai berikut :
  1.  Header : yang terletak pada bagian atas Blog. terdapat Judul , Menu Blog dan Deskripsi
  2. Navbar : biasanya terletak diatas header yang mempunyai fungsi untuk kemudahan editor/ pemilik blog dalam mengelola blognya.
  3. Main Blog : teletak di bagian tengah blog yang terdapat isi postingan, Judul, sebagian isi Postingan, tanggal, nama penulis serta kolom komentar.
  4. Sidebar : terdapat di kanan atau kiri blog terdapat populer post, Archive, dan widget pendukung lainnya yang menarik.
  5.  Footer : terletak pada bagian bawah yang sering berisi informasi penulis, dan informasi lainnya.

Sejarah Blog

Justin Hall :1994
Awal mula adanya blog terdapat jurnal pribadi yang dimiliki justin Hall dengan naman link.net. dengan tampilan blog yang sangat sederhana hanya halaman dan background warna putih polos yang terisi tulisan dan sampai sekarang anda masih bisa mengaksesnya.

berkat idenya yang membuat jurnal online tersebut pada tahun 2004 dinobatkan sebagai The Founding father of Personal Blogger oleh The New York Time Magazine.

pada walnya justin Hall menggunakan blog itu hanya sebagai personal home page utuk menuliskan kehidpuan yang ia jalanai mulai dari kehidupan dari kuliah, hubungan dengan ayanhnya hingga asmaranya.

Jhon Barger : 1997
Kemudian pada tahun 1997, Jhon Barger memperkenalkan istilah Web Blog yang merupakan gabungan dari Web dan Blog. alasan menggunakan istilah tersebut untuk menggambarkan aktivitas internetnya yaitu "logging to the web" yang mempunyai arti mencatat di web dalam kamu bahas indonesia.

Ia juga memperkenalkan konsep kronologi dalam weblognya sendiri, yaitu Robot wisdom. Konsep ini memungkinkan penempatan postingan terbarunnya di urutkan teratas dalam weblog. potingan terbaru akan terlihat begitu pengunjung melihat weblog tersebut mulai dari yang baru hingga yang lama.

Peter Merholz : 1999
Weblog pada tahun ini hanya bertahan selama dua tahun saja, kemudian muncul istilah baru "Blog" yang dikenalkan oleh peter Merholz seorang disainer Website.

istilah baru ini "Blog" singkatan atau kependekan dari weblog yang sebelumnya dikenalkan oleh jhon Barger.

dalam blog pribadinya peter merholz ia memang menyukai permainan kata dan tidak menyangka bahwa keputusannya untuk menyebut weblog sebagai Blog akan membaw dampak besar samapai dengan saat ini.

Brad fitzpatrick, Eva Williams dan Meg  Haourihan : 1999
Pada tahun ini masih menjadi sejarah Blog yang dirilisnya tiga platform blog personal. LiveJournal menjadi platform pertama yang didirkan oleh Bradptrick.

Perusahaan Pyra Labs yang didirikan oleh Evan Williams dan Meg Hourihan mendirikan Platform Blog bernama Blogger. kemudian dilanjutkan dengan kehadiran platform blog ketiga yaitu Xanga.

Dan sampai dengan saat ini blogger sangat popoler  dan pada Tahun 2003 Google resmi mengakuisi Pyra Labs pencetus Blogger.

ditahun yang sama pula muncul pesaing Blogger yai WorPress yang resmi diluncurkan. keduan sama-sama menyediakan layanan gratis, selain gratis layanan yang disediakan keduanya mudah untuk dioperasikan meski bagi orang awam yang tidak kenal dengan teknologi.

bagi Anda yang mempunyai skill menulis atau hobby menulis tidak salahnya mencoba salah satu dari kedua platform itu untuk menggunakan tulisan anda dan membagikan di media online.\
baik tulisan berupa berita atau perjalanan kehidupan anda.

demikian penjelasan terkait dengan Blog dan sejaranya semoga membawa manfaat bagi anda yang membaca, silahkan tingglakna komentar atau kritik dan saran di komentar terima kasih sampai jumpa dengan postingan berikutnya

1 komentar untuk "Pengertian Blog?"

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar dengan Bijak

Berlangganan via Email