Cara Meningkatkan SEO On-Page dan Off- Page di Blog/Web

ARPOLMEDIA.com - SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yaitu suatu proses yang bisa meningkatkan volume dan juga kualitas kunjungan pada suatu website melalui mesin pencari yang digunakan seperti Google, Yahoo, dan sebagainya dengan cara yang alami atau tidak berbayar. Pada dasarnya, kunci dari SEO adalah dengan melakukan dua teknik yaitu SEO Off-Page dan SEO On-Page. dengan melakukan dua teknik tersebut secara optimal, maka Anda akan mampu meningkatkan SEO pada website dengan mudah.


Cara Meningkatkan SEO dengan Teknik On-Page


SEO On-Page adalah cara meningkatkan SEO yang dilakukan dari dalam halaman itu sendiri. Jadi, caranya dengan memperbaiki berbagai aspek di dalam halaman. Elemen dari SEO On-Page yaitu:

Heading Tags

Heading Tags terdiri dari H1, H2, H3, H4, H5 dan H6. Setiap Heading (H1 – H6) mempunyai fungsi tertentu. Anda harus mampu mengatur heading dalam tulisan Anda sehingga pengunjung dapat mengerti mana fokus utama dari konten tersebut.

Title Tags

Judul yang bagus (dalam hal SEO) tentu harus berada di kisaran 10-70 karakter, dan jika lebih atau kurang dari itu maka akan dianggap sebagai Stuffing Keyword atau sederhananya Google menganggap Anda ‘rakus’ dalam menembak kata kunci. Jadi usahakan menulis Title Tag yang sewajarnya.

Meta Tags

Meta Tags seringkali menjadi kontroversi. Ada yang beranggapan bahwa ini tidak memengaruhi SEO dan ada yang beranggapan sebaliknya. Di luar itu, menurut kami meta tags sangat berpengaruh karena mengandung deskripsi untuk menarik pengunjung agar mengklik website Anda.

Alt Image Tags

Mengisi alt pada sebuah gambar bisa dibilang hukumnya adalah Wajib jika melihat dari kacamata SEO. Hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat alt tags lah yang akan membantu Search Engine dalam mengindex gambar tersebut. Alt Image Tags juga dipercaya sebagai syarat agar gambar tersebut bisa diindex dan dicari di Google dengan kata kunci tertentu.


Cara Meningkatkan SEO dengan Teknik Off-Page


SEO Off Page ini adalah teknik yang tidak boleh Anda lewatkan alias sangat penting sekali. Dengan SEO Off-Page, Anda dapat meningkatkan SEO dari luar halaman dan dapat menjangkau lebih banyak pengunjung. Elemen dari SEO Off-Page diantaranya:

Link Building

Link Building juga sering disebut dengan Backlink, namun dengan konteks yang lebih luas, jika Backlink hanya fokus pada mencari Link yang mengarah ke blog kita, namun Link Building sebaiknya, yaitu lebih mementingkan kualitas dari pada kuantitas.

Sosial Media

Sosial Media (Jejaring Sosial) juga sering disebut sebagai Social Signal, artinya semakin populer situs tersebut di Social Media seperti Facebook, Twitter dan Google Plus, maka peluang untuk menempati ranking 1 di Google juga akan semakin besar.

Directory Submission

Directory Submission dalam SEO adalah mensubmit situs Anda ke directory terkenal seperti Dmoz.org dan Technorati.com. Caranya mudah saja, cukup kunjungi kedua situs tersebut, lalu tinggal Anda submit dan isi data yang diperlukan seperti Alamat Blog, Judul Blog, RSS Feed Blog dan lain-lain.

Meningkatkan SEO pada sebuah website sangatlah penting. Selain dapat dilakukan dengan cara Off-Page dan On-Page, meningkatkan SEO juga dapat dilakukan dengan memilih hosting yang tepat. Dengan hosting yang tepat maka Anda akan dapat menjaga uptime website dengan lebih baik. sumber :idwebhost

Tidak ada komentar untuk "Cara Meningkatkan SEO On-Page dan Off- Page di Blog/Web"

Berlangganan via Email