Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Presiden Niger: Citra Islam Rusak oleh Terorisme

Pemerintah Niger Gagalkan Upaya Kudeta Gulingkan PresidenPresiden Republik Niger Mahamadou Issofou melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia untuk pertama kalinya. Dalam pertemuan bersama Jokowi ini, Issofou juga membahas keprihatinannya terhadap terorisme yang penuh dengan kekerasan.

"Saya sampaikan tadi, agama kita agama Islam telah dirusak imagenya oleh terorisme yang penuh kekerasan. Itu tak baik untuk imej Islam dan negara-negara Muslim," kata Presiden Issofou saat bertemu dengan Jokowi di Kompleks Istana Negara Jakarta, Senin (16/10/2017).

Presiden Niger juga mengatakan bahwa pemerintahannya telah bekerja sama dengan sejumlah negara tetangga untuk menyerang kelompok-kelompok teroris seperti Boko Haram dan ISIS. Dia juga mengajak Indonesia sebagai negara yang penduduknya mayoritas Islam agar dapat menunjukkan agama Islam yang moderat dan penuh toleransi.

"Kita harus menunjukan bahwa Islam adalah agama yang moderat. Di sini kami melakukan perlawanan teroris, kami telah mengadakan kerjasama bersama dengan negara-negara tetangga untuk menyerang atau melakukan serangan kepada Boko haram dengan menunjukan hasil yang baik," tutur dia.
Selain itu, Pemerintah Niger juga akan menempatkan pasukannya di sejumlah negara. Untuk itu, Presiden Issoufou meminta dukungan dari internasional dan Pemerintah Indonesia.

"Pasukan tersebut akan segera beroperasi dan kami butuhkan dukungan internasional," kata dia. Sebelumnya, sebagai dua negara yang memiliki penduduk mayoritas beragama Islam, Indonesia dan Niger sepakat untuk melakukan kerja sama memajukan umat Islam.
"Kunjungan Yang Mulia Presiden Issofou penting dalam kita mendorong Islam yang rahmatan lil alamin. Islam dengan nilai toleransi dan kerjasama memajukan umat islam baik dalam organisasi kerjasama islam maupun kerjasama bilateral," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia -Niger sudah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman di bidang pembebasan visa bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas dan pembentukan sidang komisi bersama.

"Saya menyampaikan penghargaan kepada Yang Mulia Presiden Issofou atas dukungan Niger bagi pencalonan Indonesia untuk anggota tidak tetap dewan keamanan PBB tahun 2019-2020," tutup Jokowi. (Lisza Egeham)

Sumber:http://global.liputan6.com/read/3130203/presiden-niger-citra-islam-rusak-oleh-terorisme

Posting Komentar untuk "Presiden Niger: Citra Islam Rusak oleh Terorisme"

Berlangganan via Email